Nikmati Hidupmu Jangan Terlalu Tegang Dan Keras Pada Dirimu

Kehidupan Akan Terus Berputar Jadi Jangan Terlalu Khawatir

Saat kita melakukan sesuatu, saat kita mengerjakan sesuatu. Kita akan menggunakan dengan cara kita dahulu. Tapi jika kita sudah mencoba tapi ternyata tidak bekerja, tidak berhasil. Berarti itu adalah saatnya kita membuka diri untuk memasukkan orang lain. Itu adalah saatnya untuk kita bertanya, mencari jalan keluar, dengan meminta pendapat dan arahan dari orang lain. Kita membutuhkan arahan juga dari orang lain. Tidak ada masalahnya kok. Itu tidak akan menurunkan martabatmu sebagai seorang manusia. Jadi jangan terlalu keras kepala ya. 

Nikmati Hidupmu Jangan Terlalu Tegang Dan Keras Pada Dirimu

Tidak ada salahnya kok bertanya dan menggunakan pemikiran orang lain. Itu menandakan kita juga membutuhkan orang lain. Kita juga perlu sesuatu yang baru, kita juga butuh pandangan yang baru dari orang lain. Kita tidak bisa memaksakan harus terus dengan cara kita, harus terus dengan pemikiran kita. Kita adalah manusia yang juga masih ada kurangnya. Kita juga adalah makhluk sosial yang butuh bersosialisasi, dan membutuhkan orang lain. Baik dalam bentuk bantuan pemikiran, atau bantuan tangan, atau bentuk finansial. Ada banyak cara yang bisa ditempuh. Dan itu sudah seharusnya.

Jadi kita tidak boleh terlalu keras dengan diri kita, tidak boleh terlalu keras dengan pikiran kita. Ada saat kita harus tegas dan keras. Ada saatnya juga kita harus membaur dengan orang lain. Mendengarkan orang lain, dan mengikuti arahan atau cara orang lain. Tidak ada salahnya juga kok untuk menggunakan cara orang dalam menjalani hidup kita. Sehingga kita tidak terlalu kaku dengan hidup kita. Kita tidak terlalu kaku dengan apa yang kita jalani. Butuh rileks dan kepala yang dingin juga dalam menjalani hidup. Jangan terlalu kaku dan tegang. Agar kalian juga bisa menikmati hidup itu. 

Tidaklah enak jika kita menjalani hidup dengan terlalu serius. Terlalu kaku. Hidup sudah banyak lika-liku, sudah banyak hal yang rumit, jadi jangan rumit juga menjalani hidup. Jangan membuat dirimu menderita saat menjalani hidup. Jangan menjadi seseorang yang terlalu strick dengan tujuan hidup. Jangan menjadi sebuah manakin yang harus digerakan. Hidup bagai angin. Kemana arah angin berhembus, disitu kalian akan berjalan. Agar kalian juga menikmati hidup kalian.